PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI DI TOKOPEDIA
Main Authors: | Wiratama, I Komang, Warmika, I Gde Ketut, Giantari, I Gst. Ayu Kt. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2023
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102016 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102016/50354 |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara dengan pengguna internetnya yang cukup tinggi. Tingginya pengguna internet memberikan peluang bisnis online di Indonesia untuk berkembang, salah satunya marketplace Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh citra merek terhadap niat beli. Penelitian ini dilakukan pada marketplace Tokopedia di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden dengan alat bantu kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Sampel ditentukan dengan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS for windows. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan citra merek dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, serta kepercayaan secara parsial memediasi hubungan citra merek terhadap niat beli. Implikasi penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahan Tokopedia untuk dapat mengembangkan strategi dalam upaya menjaga dan meningkatkan citra merek dan kepercayaan konsumen, sehingga mampu meningkatkan minat konsumen dalam bertransaksi melalui Tokopedia. Kata Kunci: Citra Merek; Kepercayaan; Niat Beli
- Indonesia is a country with high internet users. The high number of internet users provides opportunities for online businesses in Indonesia to develop, one of which is the Tokopedia marketplace. This study aims to analyse the role of trust in mediating the effect of brand image on purchase intention. This research was conducted at the Tokopedia marketplace in Denpasar City with a sample size of 110 respondents using a questionnaire using a Likert Scale. The sample was determined using a non-probability sampling model with purposive sampling technique. The data analysis technique used is path analysis with the help of the SPSS for windows program. The results of the analysis in this study indicate that brand image and trust have a positive and significant effect on purchase intention, brand image has a positive and significant effect on trust, and trust partially mediates the relationship between brand image and purchase intention. The implications of this study can be a reference for the Tokopedia company to be able to develop strategies in an effort to maintain and improve brand image and consumer confidence, so as to increase consumer interest in transacting through Tokopedia. Keywords: Brand Image; Trust; Purchase Intention