MELATIHKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI MAN 2 MOJOKERTO

Main Authors: FEBRIANTI SYAFITRI, PUTRI, YONATA, BERTHA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2020
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/32996
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/32996/29681
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar ranah pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran model inkuiri terbimbing di materi faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan tipe pra eksperimen desain menguunakan rancangan penelitian one shot case study yang dilaksanakan pada kelas XI MIPA 1 di MAN 2 Mojokerto dengan jumlah peserta didik sebesar 35 orang. Pengambilan data ini dilakukan dengan tes serta pengamatan. Hasil penelitian memperlihatkan (1) kualitas keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 92,39%, (2) persentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi sebesar 92,23% dari kedua pertemuan daripada aktivitas yang tidak relevan, (3) hasil belajar ranah pengetahuan pada postes memperoleh rata-rata skor sebesar 78,28 dan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 92,48%, dan hasil belajar ranah keterampilan memperoleh rata-rata skor keterampilan sebesar 82,24 dan mencapai ketuntasan klasikal dalam proses keterampilan berpikir tingkat tingi sebesar 93,33%. Kata kunci:Keterampilan berpikir tingkat tinggi, Inkuiri terbimbing, Kesetimbangan kimia