Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia

Main Authors: CITRA ASHUDIK, PRAFESELIA, YONATA, BERTHA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2018
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/25639
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/25639/23506
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi literasi sains pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan metode 4-D (Define, Design, Develop, Diseminate), namun pada penelitian ini sampai tahap pengembangan (Develop). Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dikatakan valid, ditinjau dari validitas isi dan konstruk. Validitas isi memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 100%, dengan interpretasi valid hingga sangat valid. Validias konstruk memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 100% dengan interpretasi valid hingga sangat valid, serta validitas konstruk terdiri dari aspek kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan. Aspek kebahasaan memperoleh rentang persentase sebesar 80% hingga 93,33% dengan interpretasi valid hingga sangat valid. Aspek penyajian memperoleh rentang persentase 93,33% hingga 100% dengan interpretasi sangat valid. Aspek kegrafisan memperoleh rentang persentase 93,33% hingga 100% dengan interpretasi sangat valid. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), literasi sains, larutan penyangga