Pengembangan Buku Siswa Kimia Terintegrasi Keterampilan Literasi Sains Materi Laju Reaksi

Main Authors: NORADINA, ULVA, , SUYONO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2018
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/25627
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/25627/23494
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah dihasilkannya Buku Siswa Kimia materi laju reaksi yang layak untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Kelayakan buku ditetapkan berdasarkan tiga indikator, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan buku ini mengikuti tahapan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation) yang dibatasi hingga tahap evaluasi formatif. Hasil analisis data menunjukkan Buku Siswa terintegrasi keterampilan literasi sains materi laju reaksi dinyatakan valid dengan persentase kevalidan sebesar 83,49%, dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan 85%, dan dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji Wilcoxon’s Signed Rank Test yang menyatakan bahwa terjadi peningatan keterampilan literasi sains setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar Buku Siswa terintegrasi keterampilan literasi sains materi laju reaksi. Oleh karena itu, Buku Siswa Kimia terintegrasi keterampilan literasi sains materi laju reaksi layak digunakan sebagai sumber belajar siswa untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Kata kunci: kevalidan, kepraktisan, keefektifan, keterampilan literasi sains, laju reaksi.