PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA (DEVELOPMENT OF STUDENTS WORKSHEET WITH GUIDED INQUIRY ORIENTATION TO PRACTICE SCIENCE PROCESS SKILLS IN CHEMICAL EQUILIBRIUM TOPIC)

Main Author: RIS MAWAN, ARDI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2017
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/21912
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/21912/20098
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan lembar kerja siswa berdasarkan validitas teoritis dan empiris. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, tetapi untuk tahap penyebaran tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi, observasi inkuiri terbimbing, tes hasil belajar, angket respon siswa, pengamatan aktivitas siswa, serta tes keterampilan proses sains. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 12 siswa kelas XI SMAN 1 Krembung. Metode yang digunakan adalah angket, pengamatan, dan tes. Hasil validasi teoritis menyatakan lembar kerja siswa sangat layak berdasarkan kriteria isi, bahasa, penyajian, kegrafikan, inkuiri terbimbing, keterampilan proses dengan persentase berturut-turut sebesar 96,67%, 95%,85,56%, 90%, 93,33%, 93,33%. Sementara berdasarkan validitas empiris dari respon siswa kriteria isi, bahasa, penyajian, kegrafikan, inkuiri terbimbing, keterampilan proses persentase berturut-turut sebesar 95,83%,95,83%,94,05%,97,22%,100%,100%. Kata Kunci: lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, kesetimbangan kimia, kelayakan.