PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT (DEVELOPMENT OF STUDENT ACTIVITY SHEET ORIENTED SCIENCE LITERACY IN METTER OF ELECTROLYTE AND NONELECTROLYTE SOLUTION)

Main Author: AISYAH,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2017
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/20231
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/20231/18530
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS secara teoritis. Kelayakan teoritis  LKS ditinjau dari: (1) Kriteria isi (2) Kriteria Penyajian (3) Kriteria kebahasaan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan 4-D, namun hanya sampai pada tahap Develop atau pengembangan. LKS berorientasi literasi sains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit layak digunakan sebagai media pembelajaran disebabkan sudah memenuhi syarat kelayakan secara teoritis. Kelayakan LKS secara teoritis mendapat persentase kelayakan pada kriteria isi sebesar 86,27% dengan kategori sangat layak; persentase kaelayakan pada kriteria penyajian sebesar 87,18% dengan kategori sangat layak; persentase kelayakan pada kriteria kebahasaan sebesar 86,67% dengan kategori sangat layak. Kata kunci: LKS, literasi sains, elektrolit dan nonelektrolit