PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK DENGAN MENGGUNAKAN PHP-MySQL PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI UNTUK SMA KELAS XI THE DEVELOPMENT OF DIAGNOSTIC TEST USED PHP-MySQL IN SUBJECT REACTION RATE FOR SENIOR HIGH SCHOOL 11th GRADE
Main Authors: | NAFIATUS SAIDAH, KHOIS Nafiatus; Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, ., Rinaningsih |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNESA Journal of Chemical Education
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/169 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tes diagnostik adalah tes yang diarahkan untuk menetapkan apa yang belum dapat dilakukan siswa dan apa penyebabnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik pada materi laju reaksi untuk SMA kelas XI yang memenuhi kelayakan dari segi validitas empiris, validitas konstruksi, validitas isi untuk butir soal tes, kelayakan media berdasarkan penilaian guru dan siswa, dan kelayakan dari segi diagnosis kesulitan belajar siswa berdasarkan ketuntasan indikator dan peta diagnostik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik dengan PHP-MySQL yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dari segi validitas empiris 87,72%, validitas konstruksi 96,41%, dan validitas isi 96,73% untuk butir soal tes sehingga dapat digunakan dalam media tes diagnostik, kelayakan media tes diagnostik ditinjau dari penilaian guru sebesar 84,17% dan penilaian oleh siswa sebesar 86,67%. Hasil uji coba II menunjukkan bahwa media tes diagnostik layak digunakan untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa berdasarkan ketuntasan indikator dan peta diagnostik kesulitan belajar. Pada penelitian berikutnya disarankan untuk mengembangkan tes diagnostik sampai dengan ketuntasan soal dan pilihan jawaban serta peta diagnostik kesulitan belajarnya dimasukkan dalam media sehingga dapat mendiagnosis secara otomatis. Kata kunci: Tes Diagnostik, Laju Reaksi, Ketuntasan Indikator. Abstract: Diagnostic test is a test to establish what students couldn’t do and what the cause it. The purposes of this research are to develop a diagnostic test on the reaction rate for senior high school 11th grade in terms of empirical validity, construction validity, content validity for the item of diagnostic test, and feasibility of the diagnosis in terms of student learning difficulties, so as to diagnose student learning difficulties based on the completeness indicator. The research method used the method of R & D. The result of this research show that a diagnostic test with PHP-MySQL has met the eligibility in terms of the empirical validity is 87.72%, 96.41% of construction validity, 96.73% of content validity for the item of the diagnostic test that can be used in the media of diagnostic, the feasibility of a diagnostic test media in terms of teacher ratings of 84.17% and ratings by students at 86.67%. The results of trial II show that the appropriate media of diagnostic test are used to diagnose student learning difficulties based on the completeness indicators and map learning difficulties. In the next research is recommended to develop a diagnostic test to completeness questions and answer choices as well as our diagnostic learning difficulties are included in the media so it can automatically diagnose. Key words: Diagnostic Test, Reaction Rate, Completeness Indicator.