AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG PADA SMARTPHONE DENGAN MENGGUNAKAN UNITY
Main Author: | Krestianti, Rr. Artiana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Gunadarma
, 2022
|
Online Access: |
http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/6914 http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/6914/2586 |
Daftar Isi:
- Matematika ialah suatu ilmu yang bersifat umum yang digunakan dalam berbagai disiplin ilmu serta pengembangan daya pikir dan mendasari perkembangan teknologi modern, dengan salah satu nya merupakan modul bangun ruang. Bangun ruang ialah salah satu modul pelajaran dalam matematika. Tiap tipe dari bangun ruang mempunyai wujud, sisi serta rusuk pada titik permukaan. Augmented reality merupakan teknologi antara dunia virtual dan dunia nyata dan dengan menggunakan marker materi lebih user friendly dan interaktif. Tujuan penelitian pengenalan bangun ruang ini dibuat agar pembelajaran bangun ruang lebih interaktif dengan terdapat suara penjelasan dari info bangun ruang, dan terdapat quiz dari beberapa level untuk latihan dalam memperdalam pengenalan bangun ruang. Metode yang digunakan yaitu metode Waterfall, dan menggunakan fitur AR, software Unity, Vuforia, model 3D dan Android. Langkah uji coba dilakukan dengan menggunakan .apk yang sudah dibuat dan di instal pada ketiga smartphone Xiaomi Redmi Note 4, Samsung Galaxy S4 I9500, dan IMO S50.. Hasil uji coba disimpulkan aplikasi ini dapat berjalan dengan baik terutama pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4 dimana animasi terlihat jelas, dan pengeksekusian tombol fitur menu cepat.