PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WARUNG GOCENG YANG BERLOKASI DI JL. PONCOL KELAPA DUA DEPOK, JAWA BARAT

Main Author: Himawati, Ditiya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Gunadarma , 2021
Online Access: http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/4941
http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/4941/2290
Daftar Isi:
  • Dengan adanya kondisi pandemi Covid 19 yang masih terjadi hingga saat ini menyebabkan semua usaha kecil dan menengah (UKM) mengalami penurunan terutama pada usaha bidang kuliner. Oleh sebab itu, banyak pelaku usaha kecil bidang kuliner membuat strategi penjualan secara online yang bekerjasama dengan ojek online (GoJek atau Grab). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Warung Goceng baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh atau dominan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan sampel non probabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Kualitas pelayanan paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang berarti bahwa kualitas pelayanan Warung Goceng sudah baik dan cepat dalam melayani pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan pelanggan.