Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah, Nilai Bagi Nasabah, dan Reputasi Perusahaan Pada Bank BUMN

Main Author: Kurnia, Dandy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Gunadarma , 2017
Online Access: http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/1502
http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/1502/1262
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis pengaruhkualitas produk, kepuasan nasabah, nilai bagi nasabah, dan reputasi perusahaanterhadap loyalitas nasabah Bank BUMN. Penelitian ini menggunakan sampel 165nasabah Bank BUMN dengan metode purposive sampling. Metode analisis yangdigunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling(SEM). Alat bantu analisis yang digunakan adalah SPSS 21 dan AMOS 21. Hasilanalisa data menunjukkan bahwa model penelitian memiliki 4 kriteria dinyatakanGood-fit dan 5 kriteria dinyatakan Marginal-fit. Hasil uji hipotesis menunjukkanbahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah,nilai bagi nasabah, dan reputasi perusahaan. Kepuasan nasabah, nilai baginasabah, dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitasnasabah.