THE IMPLEMENTATION OF QUESIONING TECHNIQUE TO INCREASE STUDENTS' READING COMPREHENSION ABILITY

Main Authors: Amelia, Lisa, Suparman, Ujang, Supriyadi, Dedy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNILA , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/123/article/view/3454
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/123/article/view/3454/2126
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada peningkatan yang berarti dalam kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diajar menggunakan teknik bertanya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Natar Lampung Selatan, dan kelas VIIIC yang terdiri dari 32 siswa sebagai sampel. Data diperoleh dari nilai pretest-posttest dan dianalisis dengan menggunakan t-test melalui SPSS versi 17.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa adalah 54.52 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 65.00. Nilai signifikan (p=0.000, p<0.005), nilai t 10.48. Ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan data analisis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang berarti dari pencapaian dalam kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diajarkan dengan menggunakan teknik bertanya.The aim of this research is to find out whether there is any significant increase of studentsâ€TM reading comprehension ability after being taught using questioning technique. The population of this reseach were the second year of SMPN 2 Natar Lampung Selatan, and VIIIC consisted 32 students as sample. The data were collected by using pretest-posttest design and analyzed using Repeated Measure t-test with Statistical Package for Social Sciences (SPSS) version 17.0. The result shows that the studentsâ€TM mean score of pretest is 54.52 while the mean score of posttest is 65.00. The significant value was (p=0.000, p<0.005), t-value was 10.48. It showed that hypothesis was accepted. It is concluded that there is any significant increase of studentsâ€TM reading comprehension ability after being taught using questioning technique.Keywords: questioning technique, reading comprehension ability, short functional text.