EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Main Author: | Arofiq, Nur Ahmad |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika
, 2014
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk/article/view/43 |
Daftar Isi:
- AbstrakPopulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta yang berjumlah 143 siswa. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 71 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, karena memberikan perlakuan (treatment) yang berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengambilan data dengan menggunakan metode tes. Soal penelitian telah diuji cobakan pada sekolah lain, didapat 20 soal yang valid dengan nilai reabilitas 0,838. Dari uji normalitas dan homogenitas nilai pretest diketahui bahwa kemampuan awal kedua kelompok adalah sama.Hasil penelitian kelompok eksperimen nilai tertinggi adalah 100, dan terendah adalah 50 dengan rata-rata kelompok adalah 81,00. Sedangkan kelompok kontrol nilai tertinggi adalah 95, dan terendah adalah 40, dengan rata-rata kelompok adalah 74,17. Dari hasil uji hipotesis (uji-t dua sampel independent) diperoleh t hitung sebesar 2,614. Sesuai dengan taraf signifikansi 5 % dan dk 69, diperoleh t tabel sebesar 1,67. Karena nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 2,614 > 1,67, disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.Kata kunci : Efektifitas, Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).