Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa
Main Authors: | Satriani, Sri; Universitas Muhammadiyah Makassar, Wahyuddin, Wahyuddin; Universitas Muhammadiyah Makassar |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika
, 2018
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk/article/view/1298 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa serta mendeskripsikan implementasi model pembelajaran creative problem solving (CPS) pada mahasiswa Pendidikan Matematika Univesitas Muhammadiyah Makassar pada mata kuliah program linear. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 33 mahasiswa dengan dua siklus (1 siklus 4 kali pertemuan). Tahapan siklus terdiri atas planning, action, observation, reflection. Pengumpulan data melalui observasi, hasil tes, dan respon mahasiswa yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : Implementasi model pembelajaran (CPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang dilihat dari peningkatan nilai kemampuan pemecahan dari 63,03 (kategori cukup) menjadi 77,72 (kategori tinggi). Penerapan pembelajaran (CPS) efektif dengan indikator pelaksanaan pembelajaran meningkat dari kategori baik menjadi kategori sangat baik; keaktifan mahasiswa meningkat dari kategori aktif menjadi kategori sangat aktif; dan respon mahasiswa berada pada kategori sangat positif. (2) Implementasi Model Pembelajaran (CPS) dapat dilakukan dengan lima tahapan yaitu klarifikasi permasalahan; pengungkapan gagasan; evaluasi; dan implementasi. Keyword : Model Pemblajaran, Creative Problem Solving (CPS), dan Kemampuan Pemecahan Masalah.