Analisis Kemampuan Komunikasi & Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga

Main Authors: Aisyah, Puri Nur; IKIP Siliwangi Bandung, Yuliani, Anik; IKIP Siliwangi Bandung, Rohaeti, Euis Eti; IKIP Siliwangi Bandung
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika , 2018
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk/article/view/1294
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segiempat di kelas VII di salah satu kecamatan MTs Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model fenomenologi yang bertujuan untuk menginterpretasi kemampuan komunikasi dan kemampuan memecahkan masalah matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah 24 siswa untuk kemampuan komunikasi dan 25 siswa untuk kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di salah satu MTs di Kabupaten Bandung masih relatif rendah dengan persentase tertinggi berada pada kualifikasi kemampuan komunikasi rendah yaitu 37,5%, sedangkan untuk keterampilan komunikasi siswa yang berkemampuan sedang memperoleh persentase sebesar 29,2% dan untuk siswa dengan keterampilan komunikasi tinggi mendapatkan persentase 33,3%, sedangkan untuk keterampilan pemecahan masalah di kelas VII cukup baik dengan persentase tertinggi dalam kualifikasi siswa dengan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dengan persentase sebesar 44%, sedangkan untuk kualifikasi siswa dengan kemampuan sedang mendapatkan persentase sebesar 40%, dan untuk kualifikasi rendah hanya mendapat persentase sebesar 16%. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis