UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA PADA MATERI LUAS DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN PENEMUAN TERBIMBING

Main Author: Suparsih, Suparsih; SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika , 2018
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk/article/view/1226
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) meningkatkan keberanianbertanya pada pembelajaran matematika materi luas dan volume kubus dan balok bagisiswa kelas VIII, (2) meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika materiluas dan volume kubus dan balok bagi siswa kelas VIII U SMP Muhammadiyah 3Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelasVIII U SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan tes dan lembarobservasi, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model penemuan terbimbingdapat meningkatkan keberanian bertanya pada pembelajaran matematika materi luasdan volume kubus dan balok . Pada siklus I, hasil ketuntasan belajar secara klasikalyang dicapai adalah 56,67%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 66,67%,sehingga terjadi peningkatan sebesar 10%.Kata Kunci: Matematika; keberanian bertanya; penemuan terbimbing