EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN DESAIN

Main Authors: Widowati, Widowati; PKK, Fakultas Teknik Uiversitas Negeri Semarang, Sawitri, Sicilia; PKK, Fakultas Teknik Uiversitas Negeri Semarang, Krisnawati, Maria; PKK, Fakultas Teknik Uiversitas Negeri Semarang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang , 2016
Subjects:
Online Access: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6432
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6432/4890
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek pada peningkatn hasil belajar mahasiswa. Penelitian pada tahun pertama yang telah dilakukan oleh Sicilia Sawitri, adalah pengembangan model pembelajaran berbasis proyek, sehingga tersusun model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Pengembangan Desain Busana, dilaksanakan tahun 2014. Uji coba kelompok kecil dilakukan mahasiswa angkatan 2015 yang mengambil matakuliah Pengembangan Desain. Efektivitas proses pembelajaran berbasis proyek pada kelompok kecil dapat diketahui melalui perhitungan gain score, diperoleh hasil yaitu 0.72 termasuk kategori tinggi. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah efektivitas pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah Pengembangan Desain tinggi. Saran yang dapat diajukan: Efektivitas pembelajaran dapat lebih ditingkatkan dengan memberikan pembelajaran di luar kampus, dengan mengunjungi rumah mode atau menyaksikan peragaan busana, dan model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat diterapkan pada setiap mata kuliah praktek.