Digital Game-Based Learning Untuk Anak Usia Dini
Main Authors: | Dwi Prasetya, Didik, Sakti G.I, Wahyu, Patmanthara, Syaad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
TEKNO
, 2014
|
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/4114 http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/4114/3988 |
Daftar Isi:
- Pendidikan pada anak-anak seharusnya lebih menekankan pengembangan soft skill dengan cara bermain. Namun kenyataannya masih banyak pembelajaran untuk anak-anak yang lebih mendasarkan aspek kognitif, di antaranya dengan bertitik tolak pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) secara formal. Penelitian ini mengemukakan pengembangan prototipe aplikasi digital game-based learning (DGBL) yang responsif untuk anak-anak usia dini dengan fitur reinforcement dan penguatan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Hasil validasi media oleh ahli memperlihatkan bahwa produk yang dikembangkan sudah layak digunakan, di mana didapatkan tingkat validitas media sangat tinggi, yaitu 91,25%.