PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERPADUAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
Main Authors: | Nurwahyunita, Laila, Suwasono, Suwasono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
TEKNO
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/3352 http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/3352/4332 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang d ilakukan dengan gurudan siswa SMKN 02 Malang, diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajarannyamasih didominasi oleh guru sehingga siswa cenderung pasif. Hasil observasimenunjukkan bahwa dari 43 siswa secara klasikal nilai keaktifan siswa Kelas XTKJ 03 SMKN 02 Malang hanya 41, 84%. Penelitian ini adalah bertujuan untukmeningkatkan keaktifan siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan pada pembelajaranTeknik Komputer dan Jaringan materi mendiagnosis Permasalahan PengoperasianPC dan Peripheral dengan menggunakan model pembelajaran perpaduanNumbered Heads Together (NHT) dan Problem Based Learning (PBL). Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Masingmasingsiklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasikeaktif-an siswa dan soal tes evaluasi. Data yang diperoleh akan dibandingkandari observasi awal, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Uasil penelitian menunjukkanbahwa keaktifan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II ke siklusIII. Keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 58,51% sedangkan pada siklus IImeningkat menjadi 67,85% dan sedangkan pada siklus III meningkat menjadi79,51%.