PERBEDAAN METAKOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN TIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE RESITASI
Main Authors: | Milliyana, Rika, Sujono, Sujono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
TEKNO
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/3337 http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/3337/4339 |
Daftar Isi:
- Pada umumnya pembelajaran TIK dapat diterapkan secara optimal apabilaaspek-aspek yang perlu dikembangkan pada diri siswa diperhatikan secara seksama,misalnya: metakognitif siswa. Metakognitif mencakup berbagai aspek penting yang dapatmengoptimalkan pengembangan dan pengaturan kognitif siswa, meliputi kesadaran dalammengontrol belajar dan memperbaiki kesalahan. Peningkatan metakognitif siswadapat tercapai apabila metode yang digunakan tepat sasaran. Pembelajaran kooperatiftipe think pair share memuat berbagai langkah pembelajaran yang mampu meningkatkanbeberapa komponen metakognitif. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan metode thinkpair share dalam meningkatkan metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan metakognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang pada pelajaranTIK yang diberi perlakuan dengan metode think pair share dan metode resitasi.Penelitian ini bersifat eksperimental semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas danterikat, variabel bebas yaitu metode pembelajaran sedangkan variabel terikat adalah metakognitifsiswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Penentuan sampelmenggunakan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling) sehingga diperolehkelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol.