PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SQUARE DAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TUMPANG
Main Author: | Honggowiyono, Puger |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
TEKNO
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/3330 http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/3330/4373 |
Daftar Isi:
- Guru bidang studi TIK di SMA Negeri 1 Tumpang menerapkan strategi ExplicitInstruction yang belum banyak memberikan perubahan karena masih berpusat pada guru.Untuk meningkatkan kualitas pembelajar-an, perlu dicoba berbagai variasi strategi pembelajarankelompok yang bersifat student centered dan juga mampu mengatasi permasalahankurangnya fasilitas di sekolah, misalnya strategi Think Pair Square. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kognitif, (2) perbedaan hasilbelajar afektif, (3) perbedaan hasil belajar psikomotorik, (4) perbedaan hasil belajar keseluruhansiswa yang belajar menggunakan strategi Think Pair Square dan Explicit Instruction,(5) pengaruh penerapan strategi Think Pair Square terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan pendekatan pretest posttestcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMANegeri 1 Tumpang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Random Sampling dengan kelasX4 sebagai kelas kontrol dan X2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian yaitu (1)tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif, (2) terdapat perbedaan hasil belajar afektif, (3)terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik, dan (4) terdapat perbedaan hasil belajarkeseluruhan siswa, (5) serta tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi thinkpair square terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen namun secara keseluruhanrespon siswa terhadap penerapan strategi ini adalah baik.