PERAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (STUDI PADA DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN GIANYAR)
Main Authors: | Indah Nadiaswari, Ida Ayu Agung, Dewi Adnyani, I Gusti Ayu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99722 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99722/54658 |
Daftar Isi:
- Peran perilaku ekstra atau organizational citizenship behavior merupakan hal yang penting untuk mendorong kemajuan dari sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior. Sampel yang diambil sebanyak 46 orang pegawai non ASN Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar dan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara serta kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis), uji sobel dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POS berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, POS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, kepuasan kerja berperan positif dan signifikan dalam memediasi POS terhadap OCB. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teori pertukaran sosial, khususnya pada pihak pimpinan untuk lebih memperhatikan kepuasan kerja pegawai dan POS agar dapat meningkatkan OCB.
- The role of extra behavior or organizational citizenship behavior is important to drive the progress of an organization. This study aims to analyze the role of job satisfaction in mediating the effect of perceived organizational support on organizational citizenship behavior. The samples taken were 46 non ASN employees from the Departement of Cooperative and SMEs of the Gianyar Regency and used a saturated sample. Data collection in this study was carried out using interviews and questionnaires. The data analysis techniques used in this research are path analysis, sobel test and classical assumption test. The results showed that POS had a positive and significant effect on OCB, POS had a positive and significant effect on job satisfaction, job satisfaction had a positive and significant effect on OCB, job satisfaction had a positive and significant role in mediating POS on OCB. The results of this study provide implications for social exchange theory, especially for the headship to pay more attention to employee job satisfaction and POS in order to increase OCB.