EFEKTIVITAS DAN DAMPAK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DAN JUMLAH KUNJUNGAN
Main Authors: | Nia Permatasari, Ni Kadek, Djinar Setiawina, Nyoman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99240 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99240/54980 |
Daftar Isi:
- Salah satu mata rantai dalam rantai bisnis perusahaan adalah pusat perbelanjaan. Pemerintah bertujuan untuk mengatasi kelemahan pasar tradisional dengan menghidupkan kembali pasar tradisional yaitu penataan pasar tradisional secara menyeluruh, dimulai dengan perbaikan lingkungan fisik dan non fisik dan diakhiri dengan pengelolaan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas dan dampak kebangkitan pasar tradisional terhadap pendapatan usaha dan jumlah kunjungan ke Pasar Anyar Sari Kota Denpasar. Untuk penelitian ini, 152 responden dipilih dari total populasi 590 dengan menggunakan metode random sampling. Analisis deskriptif dan uji diferensial dua dimensi dengan sampel berpasangan digunakan sebagai metode analisis data. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan variabel pendapatan, proses dan hasil menunjukkan bahwa program stimulasi pasar tradisional Pasar Anyar Sari cukup efektif yaitu 72,08 persen dan tradisional. Program stimulus pemasaran Pasar Anyar Sari berdampak positif terhadap pendapatan dan lalu lintas pedagang di Pasar Anyar Sari Kota Denpasar. Cukup efektifnya pelaksanaan program revitalisasi pasar tradisional Pasar Anyar Sari.
- One of the links in the company's business chain is the world center. The government aims to overcome the weaknesses of traditional markets by reviving traditional markets. The purpose of this study is to analyze the effectiveness and traces of the revival of traditional markets on business income and the number of visits to Pasar Anyar Sari Denpasar City. For this study, 152 respondents were selected from a total population of 590 using random sampling method. Descriptive analysis and two-dimensional differential test with paired samples were used as data analysis methods. Based on the results of the analysis and discussion, it can be interpreted that based on the income, process and output variables, it shows that the traditional market stimulation program at Anyar Sari Market is quite effective, namely 72.08 percent and traditional. The marketing stimulus program for Anyar Sari Market has had a positive impact on revenue and traffic of traders at Anyar Sari Market, Denpasar City. The effectiveness of the implementation of the traditional market revitalization program at Pasar Anyar Sari is quite effective. It is hoped that market leaders will continue to improve service and speed of response to various complaints from sellers.