PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP NIAT BELI BLIBLI.COM DI KOTA DENPASAR
Main Authors: | Yuda, Ida Bagus Raka Wira, Giantari, I Gusti Ayu Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2023
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/98844 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/98844/52500 |
Daftar Isi:
- This study aims to explain the role of brand awareness in mediating the effect of advertising attractiveness on purchase intention at Blibli.com in Denpasar City. This research was conducted in Denpasar City with a total sample taken of 120 respondents. The sample was determined using a nonprobability sampling model with a purposive sampling technique. The data analysis technique used is the classical assumption test, path analysis and Sobel test. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted. Advertising attractiveness has a positive and significant effect on purchase intention, advertising attractiveness has a positive and significant effect on brand awareness, brand awareness has a positive effect on purchase intention and brand awareness is able to partially mediate the influence of advertising attractiveness on purchase intention at Blibli.com in Denpasar City. The implication of this research is that Blibli.com needs to pay attention to the implementation of advertising strategies so as to strengthen brand awareness to create purchase intentions at Blibli.com in Denpasar City. Consumers who are aware of the Blibli.com brand in Denpasar City can create consumer curiosity and interest in the Blibli.com brand, which in turn leads to consumer purchase intentions at Blibli.com.
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand awareness dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli pada Blibli.com di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 responden. Sampel ditentukan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis) dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, brand awareness berpengaruh positif terhadap niat beli dan brand awareness mampu memediasi secara parsial pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli Blibli.com di Kota Denpasar. Implikasi dari penelitian ini adalah Blibli.com perlu untuk memperhatikan penerapan strategi pengiklanan sehingga memperkuat brand awareness untuk menciptakan niat beli pada Blibli.com di Kota Denpasar. Konsumen yang sadar terhadap merek Blibli.com di Kota Denpasar dapat menciptakan keingintahuan dan ketertarikan konsumen pada merek Blibli.com yang akhirnya memunculkan niat beli konsumen pada Blibli.com.