PENGARUH PROMOSI PESAING, KETIDAKPUASAN DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERALIHAN MEREK PROVIDER XYZ DI KOTA DENPASAR
Main Authors: | Prasetyo, Pande Ketut Adi Yoga, Warmika, I Gde Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91903 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91903/54281 |
Daftar Isi:
- Peningkatan pengguna internet di Indonesia sangat pesat terjadi, Fenomena covid-19 menjadi salah satu penyebab meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Namun, peningkatan pengguna internet di Indonesia tidak sejalan dengan peningkatan pengguna provider XYZ. Penyedia XYZ justru mengalami penurunan pengguna yang signifikan pada tahun 2021, yakni sebesar 3,4 persen (Databoks.Kotadata (2021).Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel ditentukan dengan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Purposive sampling dengan sampel pada penelitian ini berjumblah 100 responden yang merupakan mantan pengguna provider XYZ di Kota Denpasar selama tiga tahun terakhir Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS for Windows.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh promosi pesaing, ketidakpuasan, dan kebutuhan mencari variasi terhadap peralihan merek provider XYZ di Kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Promosi pesaing, ketidakpuasan, kebutuhan untuk mencari variasi secara parsial atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peralihan merek.
- The increase in internet users in Indonesia is very rapid, the phenomenon of covid-19 is one of the causes of the increase in internet users in Indonesia. However, the increase in internet users in Indonesia is not in line with the increase in users of the XYZ provider. XYZ provider actually experienced a significant decrease in users in 2021, which was 3.4 percent (Databoks.Kotadata (2021).This research is a type of quantitative research with data collection techniques using questionnaires. The sample was determined using a non-probability sampling model with a purposive sampling technique. Purposive sampling with samples in this study totaling 100 respondents who were former users of the XYZ provider in Denpasar City for the last three years. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis with the SPSS for Windows program.This study aims to explain the effect of competitors' promotions, dissatisfaction, and the need for variation on the XYZ provider brand switching in Denpasar City. The results showed that all hypotheses were accepted. Promotion of competitors, dissatisfaction, the need to look for variations partially or simultaneously have a positive and significant effect on brand switching.