PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Main Authors: | Arlis Chintya, Paulina Kinpika, Gde Sukaatmadja, I Putu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91161 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91161/55407 |
Daftar Isi:
- This study aims to explain the role of brand image in mediating product quality and service quality on purchasing decisions. This study uses a non-probability sampling method with the criteria of respondents living in Denpasar City. The data analysis technique used is path analysis and Sobel test with SPSS program. The study was conducted in Denpasar City with a sample size of 140 respondents. Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, service quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, product quality has a positive and significant effect on brand image, service quality has a positive and significant effect on brand image, brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, brand image is able to fully mediate the influence of product quality on purchasing decisions and brand image is able to significantly mediate the influence of service quality on purchasing decisions. The implications of product quality and service quality affect purchasing decisions, thus product quality and service quality have a positive and significant effect on purchasing decisions. Brand image has a significant positive effect on purchasing decisions.
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra merek dalam memediasi kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan kriteria responden yang tinggal di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan uji sobel dengan program SPSS. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar dengan ukuran sampel sebanyak 140 responden. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek mampu memediasi secara penuh pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan citra merek mampu memediasi secara signifikan. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Implikasi kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, demikian kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.