PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP NIAT BELI ULANG PRODUK H&M
Main Authors: | Budiarto, Kevin Anggoro, Sukawati, Tjokorda Gde Raka |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91019 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/91019/54982 |
Daftar Isi:
- Memiliki toko diberbagai pusat perbelanjaan seperti mall merupakan perluasan lini usaha perusahaan H&M. Produk yang ditawarkan bervariasi mulai dari baju kaos, kemeja, celana pendek dan panjang, topi, jas dan atribut lainnya. Fenomena tersebut menjadi alasan mengetahui strategi apa yang di terapkan oleh perusahaan H&M. Cara perusahaan untuk dapat terus bersaing adalah dengan menerapkan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang konsisten. Membuat konsumen merasa puas untuk membeli kembali produk yang sama di waktu yang akan datang atau disebut juga dengan menciptakan niat pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan konsumen memediasi pengaruh marketing mix terhadap niat beli ulang produk H&M di kota Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marketing Mix berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli ulang, Marketing Mix berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Kepuasan Konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli ulang, Kepuasan Konsumen memediasi pengaruh Marketing Mix terhadap niat beli ulang. Penelitian diharapkan nantinya dapat digunakan oleh pihak H&M sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan pemasaran yang berhubungan dengan marketing mix, kepuasan konsumen sehingga dapat meningkatkan niat beli ulang produk H&M di Kota Denpasar.
- Having stores in various shopping centers such as malls is an expansion of the H&M company's line of business. The products offered vary from t-shirts, shirts, shorts and long pants, hats, suits and other attributes. This phenomenon is the reason for knowing what strategies are implemented by H&M companies. The company's way to continue to compete is to implement a consistent marketing mix strategy. Making consumers feel satisfied to repurchase the same product in the future or also known as creating repeat purchase intentions. This study aims to analyze the role of consumer satisfaction in mediating the influence of the marketing mix on the intention to repurchase H&M products in the city of Denpasar. The results showed that the Marketing Mix had a significant positive effect on repurchase intentions, the Marketing Mix had a significant positive effect on Consumer Satisfaction, Consumer Satisfaction had a significant positive effect on repurchase intentions, Consumer Satisfaction mediated the influence of the Marketing Mix on repurchase intentions. The research is expected to be used later by H&M as a consideration in formulating marketing policies related to the marketing mix, consumer satisfaction so as to increase the intention to repurchase H&M products in Denpasar City.