PENGARUH MOTIVASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, EKSPETASI PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI

Main Authors: Wardan, Teresia Novianti, Wirasedana, I Wayan Pradnyantha
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2024
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/90681
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/90681/55002
Daftar Isi:
  • Ketidakseimbangan jumlah lapangan pekerjaan dengan pencari kerja menyebabkan tingginya angka pengangguran. Untuk mengatasi pengangguran dapat dilakukan salah satunya melalui wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi diri, lingkungan kerluarga, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kunatitatif dengan sampel sebanyak 70 mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi FEB UNud. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan motivasi diri, lingkungan keluarga, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Secara parsial motivasi diri dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh psoitif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha, sementara lingkungan keluarga dan ekspektasi pendapatan berpengaruh positif namun tdak signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Diharapkan lingkungan mahasiswa baik dari keluarga maupun lingkungan kampus dapat mendukung minat mahasiswa untuk menjadi wirausaha sehingga minat mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi untuk berwirausaha akan meningkat.
  • The imbalance in the number of jobs with job seekers causes high unemployment. One of the ways to overcome unemployment is through entrepreneurship. This study aims to determine the effect of self-motivation, family environment, income expectations, and entrepreneurship education on the entrepreneurial interest of students of the Accounting S1 Study Program. This study uses a quantitative method with a sample of 70 students of the Accounting Study Program FEB UNud. Samples were taken by purposive sampling technique. The data analysis technique in this study used multiple linear regression analysis. The results showed that simultaneously self-motivation, family environment, income expectations, and entrepreneurship education had a positive and significant effect on student interest in entrepreneurship. Partially self-motivation and entrepreneurship education have a positive and significant effect on student interest in entrepreneurship, while family environment and income expectations have a positive but not significant effect on student interest in entrepreneurship. It is expected that the student environment, both from the family and the campus environment, can support students' interest in becoming entrepreneurs so that the interest of S1 Accounting Study Program students in entrepreneurship will increase.