FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL

Main Authors: Nugraha, Ida Bagus Adipramana, Kresnandra, Anak Agung Ngurah Agung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2024
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88793
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88793/53621
Daftar Isi:
  • Investasi di pasar modal dapat dijadikan pilihan untuk berinvestasi bagi seseorang yang ingin menanamkan modal yang dimiliki sekaligus mendorong perekonomian suatu negara. Namun, jumlah investor di Indonesia secara kuantitas masih jauh dari penduduk yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana pada mahasiswa S1 angkatan 2018-2019 yang sudah mengikuti mata kuliah teori pasar modal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan sampel yang diperoleh sebesar 233 orang responden dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa pengetahuan investasi, motivasi, lingkungan keluarga dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat investasi di pasar modal.
  • Investment in the capital market can be used as an alternative to investing for people who want to invest their money and contribute for economic growth in a country. However, the number of investors in Indonesia in quantity is still far from the population in Indonesia. This study aims to analyze the factors that influence the interest in investing in the capital market. This research was located at the Faculty of Economics and Business, Udayana University with students of 2018-2019 who had attended the capital market theory course as a population. The sampling technique used was purposive sampling and the sample obtained was 233 respondents with a data analysis technique, namely multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that investment knowledge, motivation, family environment and financial literacy have a positive effect on investment interest in the Capital Market.