PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN TARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI PELAKU UMKM

Main Authors: Gayatri, Putu Githa, Setiawan, Putu Ery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2023
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88360
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88360/53191
Daftar Isi:
  • Taxpayer compliance can be defined as the act of an individual taxpayer who complies with all his tax obligations and uses all his rights according to the applicable tax regulations. This research sought to analyze the effect of tax knowledge, tax socialization, and tax rates on Micro, Small and Medium Business (MSME) taxpayer compliance. This research was conducted at the Tax Service Office of West Denpasar. The research samples were selected through the purposive sampling method with its calculations using the Slovin formula. The subsequent calculation result using said formula obtained 100 respondents of MSME Taxpayer at the Tax Service Office of West Denpasar in 2021. The data were then analyzed using the multiple linear regression analysis. The research results revealed that tax knowledge, tax socialization, and tax rates have positive effect on MSME taxpayer compliance. As the tax knowledge possessed by the taxpayer gets higher and the tax socialization gets better, the taxpayer compliance will be better in fulfilling obligations. Furthermore, the determination of tax rates will affect and motivate taxpayers to fulfill their obligations
  • Kepatuhan wajib pajak dapat diartikan sebagai perilaku seorang wajib pajak yang mematuhi seluruh kewajiban perpajakannya serta menggunakan seluruh haknya dengan mengacu pada peraturan perpajakan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan dan tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak sebagai pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan perhitungan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil perhitungan sampel dengan metode tersebut diperoleh sampel sejumlah 100 orang responden yang merupakan WPOP UMKM yang terdapat pada KPP Pratama Denpasar Barat Pada Tahun 2021. Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, dan tarif pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak sebagai pelaku UMKM. Semakin tinggi tingkat pengetahuan perpajakan yang dimiliki wajib pajak serta sosialisasi perpajakan yang diberikan maka kepatuhan wajib Pajak dalam memenuhi kewajibannya akan semakin baik. Begitu pula dengan penentuan tarif pajak yang akan mempengaruhi dan memotivasi wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar