PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH NILAI UTILITARIAN TERHADAP NIAT BELI ULANG

Main Authors: Putra Setiawan, Nyoman Gede Tryadhi, Rahyuda, I Ketut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2024
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/87937
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/87937/53624
Daftar Isi:
  • Layanan food delivery belakangan ini semakin diminati, salah satunya GrabFood. Namun melihat persaingannya, terjadi perbedaan diantara future intention GrabFood tertinggal dibanding kompetitornya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepuasan konsumen memediasi pengaruh nilai utilitarian terhadap niat beli ulang dalam menggunakan jasa online food delivery pada aplikasi GrabFood. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan ukuran sampel ditentukan melalui teknik non probality sampling yaitu sebanyak 126 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk asosiatif dengan analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur, uji sobel, dan uji VAF. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Kepuasan konsumen dinyatakan sebagai variabel pemediasi parsial dalam menggunakan jasa online food delivery pada aplikasi GrabFood di Kota Denpasar. Implikasi penelitian ini secara teoritis memberikan pemahaman bahwa nilai utilitarian dan kepuasan konsumen secara nyata dapat meningkatkan niat beli ulang.
  • Recently, food delivery services are increasingly in demand, one of which is GrabFood. However, looking at the competition, there is a difference between GrabFood's future intentions which are low compared to its competitors. The purpose of this study is to explain the role of consumer satisfaction in mediating the effect of utilitarian values ??on repurchase intentions in using online food delivery services on the GrabFood application. This research was conducted in the city of Denpasar with a sample size determined through non-probability sampling technique of 126 people. This study uses an associative quantitative approach with data analysis used, namely path analysis, Sobel test, and VAF test. The results of this study indicate that the utilitarian value has a positive and significant effect on repurchase intention. The utilitarian value has a positive and significant effect on consumer satisfaction. Consumer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intentions. Consumer satisfaction is expressed as a partial mediating variable in using online food delivery services on the GrabFood application in Denpasar City. The theoretical implication of this research is to provide an understanding that utilitarian values ??and consumer satisfaction can significantly increase repurchase intentions.