PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA AMOLAS CAFÉ CANGGU
Main Authors: | Putri, Putu Adnyani, Aksari, Ni Made Asti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86795 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86795/54262 |
Daftar Isi:
- Purchase intention adalah bentuk dari perilaku konsumen yang berkeinginan untuk membeli sebuah produk yang didasari oleh pengalaman dan, penggunaan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran brand image dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) terhadap purchase intention pada Amolas Café Canggu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 responden dengan teknik nonprobability sampling, khususnya metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan dianalisa menggunakan metode analisis jalur atau path analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan brand image; brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention; dan brand image dinyatakan mampu memediasi secara parsial pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) terhadap purchase intention. Hal ini berarti bahwa untuk menimbulkan niat beli konsumen, Amolas Café Canggu perlu memerhatikan brand image dan electronic word of mouth (E-WOM) miliknya.
- Purchase intention is consumer’s intent to buy a product based on their previous experiences and usage. This study aims to examine the role of brand image in mediating the effect of electronic word of mouth (E-WOM) on purchase intention. This research was conducted at Amolas Café Canggu. The samples used for this study is 120 respondents determined using nonprobability sampling, in particular purposive sampling method. Data was collected using online questionnaire and analysed using path analysis. The results of this study show that electronic word of mouth (E-WOM) has a positive and significant effect on purchase intention and brand image; brand image has a positive and significant effect on purchase intention; and brand image partially mediate the effect of electronic word of mouth (E-WOM) on purchase intention. This implies that to create consumer’s purchase intention, Amolas Café Canggu should pay attention to its brand image and electronic word of mouth.