PERAN CINTA MEREK MEMEDIASI PENGARUH PENGALAMAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK
Main Authors: | Milinia, Ni Made Ari Mas, Sri Suprapti, Ni Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2023
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86644 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86644/50394 |
Daftar Isi:
- Brand loyalty is related to the level of customer tendency to make repeat purchases by satisfied customers and positively evaluate the product, to gain loyalty it is necessary to make customers have a good experience and brand love for the I Look Daily brand. This study aims to examine the effect of brand experience on brand loyalty, brand experience on brand love, brand love on brand loyalty, and brand love in mediating the effect of brand experience on brand loyalty. This research was conducted in Denpasar City, the number of samples used was 130 respondents with purposive sampling method. Sample collection was done online via google form with a questionnaire instrument using a Likert scale. The collected data is then analyzed using path analysis techniques. The results of this study indicate that brand experience has a significant and positive effect on brand love, brand experience has a significant and positive effect on brand loyalty, brand love has a significant and positive effect on brand loyalty, and there is an influence of brand love in partially mediating the effect of brand experience on brand loyalty.
- Loyalitas merek berkaitan dengan tingkat kecenderungan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang oleh para pelanggan yang puas dan menilai positif produk tersebut, untuk memperoleh loyalitas perlu membuat pelanggan memiliki pengalaman yang baik dan kecintaan merek terhadap merek I Look Daily. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek, pengalaman merek terhadap cinta merek, cinta merek terhadap loyalitas merek, dan cinta merek dalam memediasi pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, jumlah sampel yang digunakan 130 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan sampel dilakukan secara daring melalui google form dengan instrumen kuisioner menggunakan skala Likert. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap cinta merek, pengalaman merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas merek, cinta merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas merek, dan ada pengaruh cinta merek dalam memediasi secara parsial pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek.