PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH
Main Authors: | Adiya Putri, Ni Kadek Mutiara, Aksari, Ni Made Asti, Warmika, I Gde Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2023
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86219 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86219/53182 |
Daftar Isi:
- Amid a pandemic, companies are required to be able to make new innovations by paying close attention to customer needs to improve marketing performance. The purpose of this study is to determine the role of product innovation in mediating the effect of market orientation on marketing performance of small and medium enterprises (SMEs). This research uses non-probability sampling method using saturated sampling technique with 64 respondents. Data was collected using questionnaire and analysed using path analysis. The results of this study show that market orientation has nonsignificant positive effect on marketing performance, market orientation has significant positive effect on product innovation, product innovation has nonsignificant positive effect on marketing performance and product innovation is unable to mediate the effect of market orientation on marketing performance of SMEs of gold and silver jewelery in Singapadu village. This study can be used as a refrence for future studies on topics concerning marketing performance.
- Di tengah situasi pandemi, perusahaan dituntut untuk bisa membuat inovasi-inovasi baru dengan memperhatikan kebutuhan dan minat pelanggan untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran usaha kecil menengah. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling, sampling jenuh dengan 64 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, inovasi produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, serta inovasi produk dinyatakan tidak mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran usaha kecil menengah kerajinan perhiasan emas dan perak di desa Singapadu. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lainnya terkait dengan kinerja pemasaran.