PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN MEDIASI BRAND AWARENESS

Main Authors: Osak, Derby Juliana, Pasharibu, Yusepaldo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/58857
https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/58857/34467
Daftar Isi:
  • In today's digital era the Internet is important to make it easy for every individual who wants to shop easily and quickly. The emergence of e-commerce makes it easier for those who want to carry out online trading transactions, so e-commerce companies must introduce their mobile e-commerce to the public. This study aims to determine the effect of brand ambassadors, taglines on brand awareness and their impact on purchasing decisions on Shopee e-commerce. The sample in this study was the community in Ambarawa District, Semarang Regency. Data collection using questionnaires both offline and online were distributed to 170 respondents. The analytical method used to process data using path analysis and continued testing indirectly uses the Sobel test. The results of this study stated that the brand ambassador and tagline have a positive and significant effect on purchasing decisions. However, brand ambassador and tagline has no significant effect on brand awareness. On the other side, brand awareness able to mediate the influence of brand ambassadors and tagline towards a purchase decision.
  • Di era digital saat ini Internet adalah hal yang penting untuk memudahkan setiap individu yang ingin berbelanja dengan mudah dan cepat. Kemunculan e-commerce mempermudah bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual-beli online, sehingga perlu bagi perusahaan e-commerce untuk memperkenalkan mobile e-commerce mereka kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, tagline terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada e-commerce Shopee. Sampel dalam penelitian ini merupakan masyarakat di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Data sebanyak 170 responden dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner baik secara offline maupun online. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data menggunakan path analysis dan dilanjutkan pengujian tidak langsung menggunakan sobel test. Hasil analisis menyatakan jika brand ambassador, tagline berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun brand ambassador dan tagline tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness. Di sisi lain, brand awareness mampu memediasi pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap keputusan pembelian.