Determinasi Emosional Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Skin Care Clinic

Main Authors: rahmawati, selvi, Ramdan, Asep M., Komariah, Kokom
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/47110
https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/47110/28507
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine the emotional determination of brands and brand trust in customer satisfaction at skin care clinic. The research method used by the authors in this study is to use the sampling method included in the sample random sampling, by distributing questionnaires as much as 290 respondents to skin care clinic customers. The analysis technique used by the writer is to use multiple linear regression analysis techniques, multiple correlation coefficient and determination coefficient. And to test the hypothesis the author uses a statistical test partially (t test) and simultaneous test (f test). The results of the test coefficient of determination seen from the value (Adjusted R2) of 0.603 means that the influence of Emotional Brands and Brand Trust on Customer Satisfaction is 60.3% The remaining 39.7% is influenced by other factors not explained in this study. And based on the multiple correlation coefficient test seen from the R value of 0.606 shows that there is a very strong relationship between Emotional Brands and Brand Trust with Customer Satisfaction. Based on the f test the probability value sig. 0.00 <0.05 which means that together Emotional Brands (X1)  and Brand Trust (X2)  have a significant effect on Customer Satisfaction (Y). Based on the t test shows that Emotional Brands (X1)  have a significant effect on Customer Satisfaction (Y), Brand Trust (X2)  has a significant effect on Customer Satisfaction (Y). Keyword : Emotional Brands, Brand Trust, Customer Satisfaction.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinasi emosional merek dan kepercayaan merek terhadap kepuasan pelanggan pada skin care clinic. Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode sampling termasuk kedalam sampel random sampling, dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 290 responden kepada pelanggan skin care clinic. Teknik analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, koefesien korelasi ganda dan koefesien determinasi. Dan untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan uji statistik secara parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Hasil penelitian uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2) sebesar 0,603 diartikan bahwa pengaruh Emosional Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan adalah 60,3% Sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dan berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,606 menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara Emosional Merek dan Kepercayaan Merek dengan Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan uji f nilai probabilitas sig. 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama Emosional Merek (X1) dan Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan uji t menunjukan bahwa Emosional Merek (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Kata Kunci : Emosional Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan.