KEKUATAN NILAI EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA EKSPEDISI
Main Authors: | Nisrina, Mella Azhar, Ramdan, Asep M., Mulia Z, Faizal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/46497 https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/46497/28506 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is measure the influence of emotional value and quality of service on customer satisfaction in expedition service companies. The method used in this study is the use the type of sampling includes in the random sampling sample by distributing 206 questionnaires to consumers. The analysis technique using multiple linear regression analysis techniques, including test coefficient of determination, multiple correlation coefficient, simultaneous test (F test), and partial test (t test). The results of the test coefficient of determination seen from the value (adjusted R2) of 0.854 can be interpreted that the effect of Emotional Value and Service Quality on consumer satisfaction is 85.7%. The remaining 14.6% is influenced by other factors not explained in this study. Based on the multiple correlation coefficient test seen from the R value of 0.925, it shows that there is a very strong relationship between emotional value and service quality with customer satisfaction. Based on the F test the probability value sig. 0.00 <0.05, which means that together Emotional Value (X1) and Service Quality (X2) have a significant effect on customer satisfaction (Y). Based on the t test shows that Emotional Value (X1) does not have a significant effect on customer satisfaction (Y), Service Quality (X2) has a significant effect on customer satisfaction (Y).
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh nilai emosional dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan jasa ekspedisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis sampling termasuk kedalam sampel random sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 206 kepada konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien korelasi ganda, uji secara simultan (uji F), dan uji secara parsial (uji t). Hasil penelitian uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R2) sebesar 0,854 dapat diartikan bahwa pengaruh Nilai Emosional dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 85,7%. Sisanya 14,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,925, menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara nilai emosional dan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Berdasarkan uji F nilai probabilitas sig. 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama Nilai Emosional (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan uji t menunjukan bahwa Nilai Emosional (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y), Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y).