PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KINERJA UMKM: KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI MEDIATOR
Main Authors: | Nisa, Sri Hijratun, Animah, Animah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/113920 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/113920/55413 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana strategi diferensiasi mempengaruhi hasil kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kreatif kerajinan emas mutiara di Kota Mataram. Penelitian ini didasarkan pada teori resource-based view (RBV). Keunggulan kompetitif digunakan sebagai variabel mediator dalam hubungan tersebut. Data dikumpulkan dari 57 pengrajin UMKM industri kerajinan emas mutiara di Sentra Kerajinan Sekarbela, Kota Mataram. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja UMKM. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap UMKM. Namun, keunggulan bersaing tidak terbukti memberikan pengaruh mediasi yang signifikan dalam hubungan antara strategi diferensiasi dan kinerja UMKM. Pengaruh langsung dari penerapan strategi diferensiasi terhadap kinerja UMKM melebihi pengaruh tidak langsung yang dihasilkan melalui keunggulan bersaing. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi diferensiasi dalam meningkatkan kinerja UMKM, terutama pada industri yang menekankan pada diferensiasi produk dan desain baru. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi UMKM pada industri kreatif kerajinan emas mutiara di Kota Mataram dalam mengembangkan strategi diferensiasi untuk meningkatkan kinerja usaha.
- This research explores how differentiation strategies influence the performance results of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in the creative domain of pearl gold craftsmanship in Mataram City. The investigation is based on the resource-based view (RBV) theory. Competitive advantage is used as a mediator variable in the relationship. Data were collected from 57 MSME artisans in the pearl gold craft industry in Sekarbela Craft Center, Mataram City. The data was analyzed using quantitative methods and path analysis. The results showed that differentiation strategies have a positive and significant effect on competitive advantage and MSME performance. Competitive advantage has a significant effect on the performance of MSMEs. However, competitive advantage is not proven to provide a significant mediating influence in the relationship between differentiation strategy and MSME performance. The direct influence of implementing a differentiation strategy on the performance of MSMEs surpasses its indirect influence achieved through competitive advantage. This finding underscores the importance of differentiation strategies in improving MSME performance, particularly in industries that emphasize product differentiation and new designs. This research provides practical implications for MSMEs in the pearl gold craft creative industry in Mataram City in developing differentiation strategies to improve business performance.