PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS KUTA I KECAMATAN KUTA, BADUNG
Main Authors: | Kusmara Dewi, Ni Wayan Grace, Made Suwandana, I Gusti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/100056 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/100056/55401 |
Daftar Isi:
- Pegawai dengan rasa kepuasan dan motivasi kerja yang tinggi mampu memberikan kinerja yang baik bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kuta I. Jumlah sampel yang digunakan adalah 136 pegawai Puskesmas Kuta I, dengan metode penentuan sampel sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan Teori Dua Faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kuta I. Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kuta I. Motivasi kerja dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai. Implikasi teoritis dari penelitian mendukung Teori Dua Faktor. Secara praktis dapat menjadi salah satu acuan bagi peneliti lainnya yang ingin atau tertarik dalam meneliti mengenai motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja pegawai.
- Employees with a high sense of job satisfaction and work motivation are able to provide good performance for the company. The purpose of this study is to determine the effect of work motivation and job satisfaction on employee performance. This research was conducted at Kuta I Health Center. The number of samples used was 136 employees of Kuta I Health Center, with a saturated sampling method. Data collection using questionnaires, data were analyzed using multiple linear regression analysis techniques. This study used the Two-Factor Theory. The results of this study show that work motivation has a positive and significant effect on the performance of Kuta I Health Center employees. Job Satisfaction has a positive and significant effect on the performance of Kuta I Health Center employees. Work motivation and job satisfaction simultaneously affect employee performance. The theoretical implications of the research support the Two-Factor Theory. Practically it can be a reference for other researchers who want or are interested in researching work motivation, job satisfaction and employee performance.