MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENJELAJAHAN GERAK PADA SISWA KELAS V SDN 19 BOKAT KABUPATEN BUOL

Main Authors: Jalil, Abdul, Gunawan, Gunawan, Hasanuddin, Hasanuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Tadulako University , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/5770
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/5770/4533
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam lompat jauh pada siswa kelas V SDN 19 Bokat. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran penjelajahan gerak dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 19 Bokat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 19 Bokat melalui penerapan metode pembelajaran penjelajahan gerak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang lompat jauh, dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan penilaian kemampuan lompat jauh gaya jomgkok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari kegiatan pra tindakan ke siklus I, serta dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian yang diperoleh yaitu: 1) Tes awal: persentase tuntas klasikal adalah 36%, daya serap Klasikal adalah 67,4%; 2) hasil Siklus I: banyaknya siswa yang tuntas adalah 14 dari 20 siswa, diperoleh persentase klasikal adalah 72%, dan Daya Serap Klasikal adalah 74,3%; dan 3) Hasil Siklus II: banyaknya siswa yang tuntas adalah 25 siswa atau persentase Tuntas Klasikal mencapai 100%, Daya Serap Klasikal adalah 81,2%, serta rata-rata hasil observasi kegiatan guru dalam kriteria sangat baik. Semua hasil penilaian telah mencapai indikator yang ditetapkan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran penjelajahan gerak dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 19 Bokat.