PENGARUH LATIHAN PUSH UP DAN LATIHAN HARVARD STEP-UP TEST TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASSKET PADA SISWA SMPN 3 PALU

Main Authors: Hamid, Abd, Jumain, Jumain, Eka Wahyudi, Andi Sultan Brilin Susandi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Tadulako University , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/5769
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/5769/4532
Daftar Isi:
  • Rendahnya kemampuan jump shoot dalam permainan bola basket pada siswa SMPN 3 Palu, memotivasi peneliti untuk berupaya meningkatkan kemampuan jump shoot siswa untuk meningkatkan prestasi olahraga yang digeluti oleh masing-masing siswa dengan memberikan latihan push up dan latihan Harvard Step-up test. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah melalui latihan push up dan latihan Harvard Step-up test meningkatkan kemampuan jump shoot pada siswa ekstrakurikuler bola basket SMPN 3 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test (test awal) dan post-test (test akhir). Lokasi penelitian adalah di SMPN 3 Palu. Peneliti mengumpulkan data dari 10 siswa sebagai subjek penelitian atau sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, tesnya adalah tes kemampuan jump shoot. Berdasarkan analisa dengan memakai rumus uji t, bahwa untuk tes jump shoot diperoleh perhitungan, yaitu sebesar 8,345 dengan dengan taraf signifikan 5% d.b = (N-1) (10-1) = 9 sebesar 2,262. Jadi lebih besar dari pada atau = 8,345 = 2,262. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan (berarti), pada latihan push up dan latihan Harvard Step-up Test terhadap kemampuan jump shoot dapat diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa latihan push up dan latihan Harvard Step-up Test dapat meningkatkan kemampuan jump shoot dalam kegiatan ekstrakurikuler bola basket pada siswa SMPN 3 Palu.