PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS TENTANG BUDAYA HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS IV SDN WUASA KABUPATEN POSO KECAMATAN LORE UTARA
Main Author: | STENLY, STENLY |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Tadulako Physical, Health and Recreation Ejournal
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/2167 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/2167/1376 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan tuk mningkatkan hasil belajar penjaskelas IV SDN Wuasa. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswadalam mata pelajaran penjas. Konsep budaya hidup sehat. Alternatif pemecahanmasalah adalah, menerapkan penggunaan media visual. Subyek penelitian adalahsiswa kelas IV SDN Wuasa dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dan mengacu padadesain penelitian dari model Kemmis dan Mc. Taggart, yang meliputi 4 tahap (1)Perencanaan (II) Pelaksanaan tindakan, (III) dalam observasi (IV) dalam refleksi,Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif datayang diperoleh dalam kegiatan belajar mengajar berupa hasil observasi danwawancara sedangkan data kuantitatifadalah data hasil belajar yang diperoleh dengantes. Hasil belajar siklus I diperoleh ketuntasan klasikal yakni 60 % dengan jumlahyang tuntas sebanyak 9 orang siswa dan yang belum tuntas sebanyak 6 orang siswa.Pada siklis II ketuntasan belajar klasikal sebanyak 86,6 % dengan rincian 13 siswatuntas dan 2 siswa yang masih belum tuntas. Peningkatan presentase ketuntasanklasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II 26,6 %. Dengan demikiandisimpulkan bahwa penerapan penggunaan media visual dapat meningkatkan hasilbelajar siswa.Kata Kunci : Media visual, hasil belajar, Budaya Hidup Sehat.