MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 054875 SEI LIMBAT PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Main Author: Purba, Esmin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2017
Subjects:
CTL
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/4563
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/4563/3996
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 054875 Sei Limbat pada pokok bahasan bangun datar pada tahun ajaran 2014/2015 mempunyai hasil yang rendah. Hal ini diduga karena pendekatan pembelajaran pada saat itu belum tepat. Penelitian tindakan kelas dengan 2 silkus dilakukan dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil belajar siswa hasil penelitianmenunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapokok bahasan bangun datar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 7,2 dengan ketuntasan belajar 78,5%.