Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Card Sort pada Siswa SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017
Main Author: | Sari, Nilam |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10408 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10408/9354 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode Card Sort pada siswa SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode Card Sort hasil belajar siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal itu dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I yang nilai rata-ratanya mencapai 70,47 dengan persentase ketuntasan mencapai 61,90%. Dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81,42 dengan persentase ketuntasan mencapai 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Card Sort. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.