Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Card Sort pada Siswa SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017

Main Author: Sari, Nilam
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10408
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10408/9354
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode Card Sort pada siswa SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode Card Sort hasil belajar siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal itu dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I yang nilai rata-ratanya mencapai 70,47 dengan persentase ketuntasan mencapai 61,90%. Dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81,42 dengan persentase ketuntasan mencapai 85,71%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Card Sort. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.