Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Numbered Head Together Berbantuan Multimedia di SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017

Main Author: Masniah, Masniah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10405
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10405/9351
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode Numbered Heads Together berbantuan multimedia pada siswa di SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat diketahui hasil belajar siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal itu dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I yang nilai rata-ratanya mencapai 71,11 dengan persentase ketuntasan mencapai 66,66%. Dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 80 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Pelajarn 2016-2017. Dari hasil yang diproleh, Metode Numbered Heads Together berbantuan multimedia bisa menjadi alternatif metode meningkatkan hasil belajar sisiwa