Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Numbered Head Together Berbantuan Multimedia di SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017
Main Author: | Masniah, Masniah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10405 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/10405/9351 |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode Numbered Heads Together berbantuan multimedia pada siswa di SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat diketahui hasil belajar siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal itu dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I yang nilai rata-ratanya mencapai 71,11 dengan persentase ketuntasan mencapai 66,66%. Dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 80 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 050748 Pangkalan Berandan Tahun Pelajarn 2016-2017. Dari hasil yang diproleh, Metode Numbered Heads Together berbantuan multimedia bisa menjadi alternatif metode meningkatkan hasil belajar sisiwa