PEMBELAJARAN REBANA QASIDAH DI BAITUTTARBIYAH (RUMAH PENDIDIKAN) ABU ZACKY AL-ZAM ZAMY PANGANDARAN
Main Authors: | Noer Faidah, Syifa Yulia, Kusmawardi, Suwardi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SWARA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/2248 http://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/2248/1560 |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul “Pembelajaran Rebana Qasidah di Baituttarbiyah (Rumah Pendidikan) Abu Zacky Al-Zam Zamy Pangandaran”, bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan materi yang dillakukan guru dalam pembelajaran Rebana Qasidah, metode yang digunakan, dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam pembelajaran Rebana Qasidah di Baituttarbiyah (Rumah Pendidikan) Abu Zacky Al-Zam Zamy Pangandaran. Asumsi yang diajukan adalah proses belajar mengajar dipengaruhi oleh guru, artinya guru dituntut sebagai perencana, pelaksana, pengevaluasi dan pembimbing kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran Rebana Qasidah di Baituttarbiyah (Rumah Pendidikan) Abu Zacky Al-Zam Zamy Pangandaran oleh guru yang tidak berlatar belakang dari pendidikan seni musik berjalan secara efektif dan mampu menciptakan situasi belajar yang penuh dengan kesungguhan dan mampu mendorong kreativitas siswa. Data-data yang diperoleh melalui penelitian langsung pada kegiatan proses pembelajaran Rebana Qasidah di Baituttarbiyah (Rumah Pendidikan) Abu Zacky Al-Zam Zamy Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan dalam proses penelitian ini, yaitu metode deskriptif dengan paradigma kualitatif. Berdasarkan penelitian yang digunakan, peneliti menemukan ada beberapa metode yang digunakan oleh guru ketika proses pembelajaran Rebana Qasidah, yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan, dan metode tanya jawab.