PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN PAILKEM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: Ariasih, Tatun Fitna
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/890
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/890/849
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) peningkatan mo­tivasi belajar menulis paragraf deskripsi dengan pendekatan PAILKEM pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Purworejo ta-hun ajaran 2013/2014? (2) Peningkatan keterampilan menu­lis pa-ragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purworejo setelah mem-peroleh pem­belajaran dengan pendekatan PAILKEM tahun ajaran 2013/2014? Pengumpulan data di­lakukan melalui teknik tes dan non-tes. Dalam teknik analisis data, peneliti mengguna­kan teknik kuanti-tatif dan kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang diguna-kan adalah analisis informal. Berdasarkan hasil analisis data, di-ketahui bahwa: (1) penggu­na­an pendekatan PAILKEM dapat me-ningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembe­lajaran menulis pa-ragraf deskripsi ke arah yang lebih baik; (2) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan keterampil-an menulis para­graf deskripsi. Skor rata-rata keterampilan menulis paragraf deskripsi yang diperoleh pada prasiklus ialah 63, 34, siklus I 71, 22 dan siklus II sebesar 77, 13. Peningkatan dari prasiklus ke siklus II mencapai 21, 80 % dengan kategori cukup signifikan. Kata Kunci: menulis paragraf deskripsi, pendekatan pailkem.