ANALISIS KRITIK SOSIAL NOVEL SEPERTIGA MALAM DI MANHATTAN KARYA ARUMI E DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK
Main Authors: | Saputri, Wijianti, Kadaryati, Kadaryati, Bagiya, Bagiya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
, 2022
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/7951 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/7951/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) kritik sosial pada novel, (3) skenario pembelajarannya di kelas XII SMK. Sumber data penelitian ini adalah novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik meliputi: (a) tema: keretakan dalam rumah tangga di karenakan hadirnya orang ketiga di tengah penantian buah hati, (b) tokoh dan penokohan: Dara sebagai tokoh utama yang bersifat modis, ramah, penakut, dan pencemburu, sedangkan Brad, Keira, Vienna, Alice, Nelson Moss, Lea, Richard, Caroline Smith, Joshua Smith, dan Nourin adalah tokoh tambahan, (c) alur maju; (d) latar dibagi menjadi latar tempat di New York dan di Indonesia, latar waktu pada pagi hari, siang hari, dan malam hari, latar suasana dalam novel yakni khawatir, terkejut, dan tegang, latar sosial dalam novel yakni berasal dari keluarga kaya, (e) sudut pandang orang ketiga serba tahu, (f) amanat setiap orang sudah memiliki jalan hidup sendiri-sendiri, sudah mendapatkan rezeki masing-masing dan seorang wanita harus bisa menjaga harga dirinya; (2) kritik sosial novel Sepertiga Malam di Manhattan meliputi: (a) kritik terhadap kehidupan sosial masyarakat tradisional meliputi: kritik terhadap orang tua, kritik terhadap pola pikir lama, (b) kritik terhadap kehidupan sosial masyarakat modern meliputi: kritik terhadap pola pikir masyarakat modern, kritik terhadap seorang wanita, (c) kritik terhadap kepercayaan meliputi: kritik terhadap agama, kritik terhadap kepercayaan ketetapan Allah; (3) skenario pembelajaran di kelas XII SMK berdasarkan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan menggunakan metode kontekstual (CTL)Kata kunci: kritik sosial, novel, skenario pembelajaran