Nilai Pendidikan Karakter Novel Merdeka Sejak Hati Karya A. Fuadi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA

Main Authors: Ramadhani, Sindi Denta, Bagiya, Bagiya, Setyorini, Nurul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2021
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/7379
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/7379/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Merdeka Sejak Hati Karya A. Fuadi; (2) nilai pendidikan karakter novel Merdeka Sejak Hati karya A. Fuadi; (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik novel, nilai pendidikan karakter, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Studi pustaka merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Analisis isi merupakan teknik yang digunakan dalam analisis data. Metode informal merupakan teknik yang digunakan dalam penyajian hasil analisis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Merdeka Sejak Hati karya A. Fuadi terdiri dari: a) tema mayor: kisah perjalanan hidup seorang pahlawan nasional, tema minor: pencarian jati diri, penjajahan bangsa Indonesia, pendirian sebuah organisasi, keharmonisan keluarga, b) tokoh utama: Lafran Pane (keras kepala, pemberani), tokoh tambahan: Nenek, Sutan Pangurabaan , Gonto Siregar , Salmiah Pane, c) alur: maju, d) latar tempat: ruang makan, surau, pasar, latar waktu: pagi, siang, sore, malam, latar suasana: menyenangkan, menyedihkan, menegangkan, e) sudut pandang: orang pertama sebagai pelaku utama, f) amanat: jangan pernah menyerah untuk menggapai sebuah keinginan; (2) nilai pendidikan karakter dalam Novel Merdeka Sejak Hati karya A. Fuadi terdiri dari: (a) religius, (b) jujur, (c) toleransi, (d) disiplin, (e) kerja keras, (f) kreatif, (g) mandiri, (h) demokratis, (i) rasa ingin tahu, (j) semangat kebangsaan, (k) cinta tanah air, (l) menghargai prestasi, (m) bersahabat/komunikatif, (n) cinta damai, (o) gemar membaca ada, (p) peduli lingkungan, (q) peduli sosial, (r) tanggung jawab; (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan KD 7.2 menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division). Kegiatan pembelajarannya meliputi: (a) guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi dan jenis kelamin, (b) guru memberikan tugas menganalisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter untuk dikerjakan di rumah, (c) pada minggu berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.