PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Rozy, Fakhri Fakhrur; Universitas Muhammadiyah Purworejo, Sholeh, Khabib; Universitas Muhammadiyah Purworejo, Setyorini, Nurul; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5189
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5189/4743
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi: (1) pengaruh metode SQ3R terhadap motivasi peserta didik kelas VII yang termasuk kelas eksperimen SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Purworejo; (3) Perbandingan kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang diajar menggunakan metode SQ3R dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional. Penelitian eksperimen ini merupakan penelitian nonequivalent control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini yakni 32 peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) dan 32 peserta didik kelas VII F (kelas kontrol) di SMP Negeri 6 Purworejo. Pengumpulan data didapat dari tes (pretest dan posttest) dan nontes (angket dan wawancara). Instrumen terdiri dari 20 soal pilihan ganda, dengan koefisien realibilitas soal sebesar 0,91 dan reliabilitas instrumen 0,97. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) hasil angket pada pretest kelas eksperimen sebelum menggunakan metode SQ3R menyatakan bahwa peserta didik ragu-ragu (68,75%), sedangkan hasil posttest peserta didik berkategori setuju (73,25%) bahwa peserta didik termotivasi dalam belajar; (2) nilai yang didapat dari pretest dan posttest kelas eksperimen (0,371 dan 0,291) dan pretest dan posttest kelas kontrol (0,078 dan 0,271) berdistribusi normal. Hasil thitung (-4,729) < -ttabel (-1,695) menunjukkan bahwa metode SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen; (3) Hasil thitung (-0,976) > ttabel (-1,695) membuktikan bahwa nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang diajar menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional. Kata kunci: metode SQ3R, motivasi belajar, membaca pemahaman