ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMSA
Main Authors: | Hotamah, Ari; Universitas Muhammadiyah Purworejo, Bagiya, Bagiya; Universitas Muhammadiyah Purworejo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5029 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5029/4612 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Hafalan Sholat Delisa karya Tere Liye, nilai moral yang terdapat dalam novel Hafalan Sholat Delisa karya Tere Liye, dan skenario pembelajarannya di SMA. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa unsur intrinsik dalam novel Hafalan Sholat Delisa karya Tere Liye meliputi: tema novel ini adalah perjuangan seorang gadis kecil dalam menghafal bacaan sholat, tokoh utamanya adalah Delisa yang memiliki sifat pemalas, manja dan suka memberi, alurnya maju. Terdapat tiga macam latar, yaitu: latar tempat meliputi: pantai, pasar, pemakaman, kamar rawat, hutan, tenda darurat, latar waktu meliputi: pagi, siang, malam, latar sosial meliputi: hidup bersahaja, hidup sederhana. Nilai moral dalam novel HafalanSholat Delisa mencakup empat aspek, yaitu: hubungan manusia dengan Tuhan meliputi taat, bersyukur, berdo’a; hubungan manusia dengan manusia meliputi dermawan, tolong menolong, setia kawan, suka memberi nasehat; hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi kejujuran, tidak putus asa, menghargai waktu, sabar, tanggung jawab, iri hati, pembohong; hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi manusia yang menjaga kelestarian alam dan manusia yang tidak menjaga kelestarian alam. Dan skenario pembelajaran novel Hafalan Sholat Delisa karya Tere Liye menggunakan metode inquiri. Dalam menggunakan metode inquiri meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan, sedangkan dalam menggunakan metode diskusi meliputi menentukan masalah, mengembangkan masalah, guru membentuk kelompok, mendiskusikan masalah, melaporkan hasil diskusi, siswa mencatat hasil diskusiKata kunci: Nilai Moral, Novel, Skenario Pembelajaran